Jumat, 19 Oktober 2012

Kenali Gejala Awal Demam Berdarah

Gelaja awal penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya adalah panas tinggi atau demam. Pada kondisi ini sebaiknya memberikan air mineral sebanyak mungkin kepada penderita. Tingkatan penyakit ini jelas Ikhwan ada tiga. Jika masih dalam kondisi demam biasa tanpa ada perubahan pola makan dan aktivitas pada penderita, itu masih terkategori Demam Dengue (DD).

Namun, jika sudah terdapat bintik merah di bagian tubuh, disertai manifestasi pendarahan di gusi, hidung dan bagian tubuh lainnya itu sudah positif Demam Berdarah Dengue (DBD).
"Pada level Dengue Syok Sindrom (DSS) inilah biasanya yang berakibat kematian. DSS ini sudah hemodinamika karena kekurangan cairan tubuh. Sehingga pasien menderita shock. Pompaan darah ke organ-organ tubuh sudah tidak efektif," ungkap Ikhwan.

DBD bisa terkena pada siapa saja. Namun lanjut Ikhwan mayoritas banyak terkena pada pasien anak-anak. Kondisi ini jelas Ikhwan harus disikapi dengan cermat mengingat kemampuan kekebalan tubuh anak tidak seoptimal orang dewasa. "Motivasi diri penderita orang dewasa tentu lebih baik dibandingkan anak-anak. Maka dari itu, disarankan agar para orangtua, yang sudah mengetahui gejala awalnya untuk langsung melakukan penanganan medis sebelum kondisi anak memburuk," terang Ikhwan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar