Minggu, 07 Oktober 2012

Cara Mengatasi Kulit Kering & Bersisik Saat Puasa

Kulit kering menjadi masalah utama pada kulit ketika berpuasa. Itu tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi, karena tubuh kekurangan cairan yang tidak tergantikan. 

Kekeringan pada kulit membuat tampilan tampak kusam dan kurang segar. Parahnya lagi, Anda akan merasa gatal dan kulit menjadi kasar serta bersisik. 

"Kurang minum membuat kulit menjadi dehidrasi. Efeknya kulit jadi lebih kering dan tampak kusam," ujar dr. Gloria Novelita, SpKK, saat ditemui wolipop di klinik Beyoutiful Aesthetic, Jalan Pakubowono VI, Jakarta Selatan, Rabu (18/6/2012). 

Untuk mencegah kekeringan kulit, dokter Gloria menyarankan agar menjaganya dari dalam dan luar tubuh. Dari dalam, perbanyaklah asupan air putih dan buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti apel, pisang, pepaya dan stroberi saat sahur. 

Selain itu konsumsilah buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga atau kiwi yang juga bagus untuk membuat kulit lebih lembab. Asupan vitamin E juga tidak kalah penting. Tidak hanya untuk melembabkan, vitamin E berfungsi untuk menyegarkan dan mengencangkan kulit. Sumber dari vitamin E bisa didapat dari jenis biji-bijian dan kacang-kacangan. 

Jika perawatan dari dalam telah terpenuhi, Anda juga harus merawat kulit dari luar. Menurut dokter Gloria pada dasarnya kulit harus dirawat dengan menggunakan moisturizer yang digunakan pada kulit wajah dan muka, serta lip balm untuk melembabkan bibir. 

Jika tipe kulit Anda normal cenderung berminyak, pakailah moisturizer jenis lotion. Sedangkan untuk kulit sangat kering bisa memilih pelembab dalam bentuk creamy. 

"Pertama, melembabkan kulit dulu, karena kalau kulit kering make-up tidak akan menempel. Pakailah produk dari yang paling encer. Kalau ada spray water, semprotkan di wajah pertama kali, kemudian lotion pelembab, lalu base make-up untuk melindungi kulit dari makeup. Lalu pakai foundation dan taburkan bedak jenis loose powder, agar make-up tidak terlalu berat. Selesai bedakan, semprot lagi dengan facial spray," urai dokter lulusan dari Universitas Indonesia itu. 

Masalah kulit lainnya ketika berpuasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. Cara mengamuflase tampilan bibir yang tidak indah tersebut adalah dengan rajin memulaskan lip balm sesering mungkin. Dokter Gloria menyarankan untuk memakai produk pelembab bibir yang sifatnya emolian seperti vaseline, yang berbahan dasar lemak hewani.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar