Senin, 22 Oktober 2012

Manfaat Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui

Jambu biji, atau yang bernama latin Psidium guajava L ini memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya yang tinggi. Jambu biji kaya akan kalsium, kalium, zat besi, asam folat, vitamin A, B, C. Juga kaya akan serat.

Kandungan vitamin C pada jambu biji, 2 kali lebih banyak di bandingkan dengan vitamin C pada jeruk manis. Jambu biji berukuran sedang mengandung empat kali lebih banyak vitamin C dan betakroten dibandingkan dengan satu buah jeruk. Kandungan vitamin C terbanyak ketika jambu biji akan matang, yaitu terdapat pada kulit dan daging buah dari jambu biji ini. Manfaat Jambu Biji

1. Menurunkan berat badan



Kandungan serat dan vitamin, jambu biji membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan serat ini akan membuat Anda cepat kenyang, sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak.


2. Kulit bebas jerawat



Astringen dalam jambu biji meningkatkan kualitas tekstur kulit. Jambu biji juga memiliki zat antipenuaan dan membantu menghilangkan jerawat, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan sehat.


3. Menurunkan kolesterol



Jambu biji memiliki kandungan pektin yang merupakan serat larut air. Dengan adanya pektin, manfaat jambu biji juga dapat menurunkan kolesterol.


4. Mengobati diare



Adanya kandungan astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium. Ekstrak daun jambu biji terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare yaitu Staphylococcus aureus dan E. coli.
5. Mengusir Flu



Ketika sakit flu, makanlah jambu biji. Kandungan zat besi dan vitamin C dalam jambu biji terbukti menyingkirkan virus flu. Jambu biji juga membantu mencairkan lendir dan bertindak sebagai disinfektan di dalam saluran pernapasan.


6. Menurunkan gula darah



Buah dan daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula darah sehingga bisa dijadikan herbal untuk diabetes. Jambu Biji juga meningkatkan produksi hormon Insulin. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk merubah gula dalam darah menjadi gula otot sehingga tidak ada kelebihan gula dalam darah.


7. Mencegah sembelit



Karena kaya serat, jambu biji adalah obat pencahar yang ampuh. Jadi, Anda tidak akan mengalami sembelit dan fungsi saluran pencernaan pun tetap optimal.


8. Meningkatkan asupan antioksidan



Kulit dan biji jambu biji sangat kaya akan antioksidan alami. Di antara antioksidan tersebut adalah likopen, yang melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar