Senin, 22 Oktober 2012

Makanan Vegetarian Ini Mengandung Produk Hewan

Kaum vegetarian tampaknya harus berhati-hati. Pasalnya, ada beberapa makanan yang dianggap murni produk nabati, ternyata masih mengandung produk hewani. Hal ini tentu meresahkan bagi kaum vegetarian yang tidak makan produk hewani.

Kontaminasi produk hewan dalam makanan dan minuman nyaris tak terhindarkan. Meski komposisinya sangat sedikit dalam produk olahan, tetap saja hal ini perlu diwaspadai oleh para vegetarian. Web Ecoist telah menuliskan daftar makanan vegetarian yang ternyata masih mengandung produk hewan:

1. Bir dan wine
Ternyata untuk menjernihkan bir dan wine diperlukan produk dari ikan. Namanya adalah isinglass, membran yang diambil dari organ swim bladder ikan sturgeon atau ikan cod.

2. Gula
Mungkin Anda tidak menyangka bahwa gula pasir, brown sugar, dan gula halus menggunakan produk hewan berupa bone char. Bone char adalah tulang sapi yang dibuat menjadi arang. Karbon alamiah ini dipakai dalam proses pemutihan gula pasir. Brown sugar dan gula halus sebagai produk turunan gula pasir tentu juga mengandung bone char.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar