Jumat, 19 Oktober 2012

Cara Hidup Sehat Saat Bepergian

Bagi kebanyakan orang yang tengah berdiet atau memilih makan dengan pola makan sehat, bepergian menjadi masa yang paling rawan untuk mengagalkan program hidup sehat mereka. Entah bepergian dalam rangka liburan, maupun bisnis, banyak orang tergoda berhenti ke di outlet makanan cepat saji atau menggakan dietnya dengan menikmati makanan ringan dan minuman tidak sehat.

Tetapi jika anda belajar untuk tetap mempertahankan pola makan sehat, mungkin anda akan melalui liburan tanpa penyesalan. Berikut adalah beberapa langkah agar anda tetap dapat menikmati liburan dengan tetap mempertahankan pola makan sehat.

Langkah 1
Bawa makanan sendiri saat berpergian dengan pesawat maupun moda transportasi lain. Cara ini akan memberikan alternatif makanan lain selain makanan mahal dan biasanya tidak sehat yang disediakan maskapai penerbangan. Bawa makanan yang mengandung protein dan nutrisi. Jangan lupa, makanan yang dibawa sebaiknya adalah makanan padat yang tidak mudah hancur saat disimpan dalam tas. Misalnya kacang-kacangan atau buah yang cukup kokoh seperti apel.

Langkah 2
Minumlah yang banyak saat bepergian. Sebisa mungkin, pilih minuman selain minuman beralkohol dan soda. Lebih baik diganti dengan minum susu atau jus buah. Menghindari alkohol dan soda juga sangat penting untuk meminimalkan efek buruk bepergian jarak jauh, seperti jet lag.

Langkah 3
Sediakan air kemasan, buah segar, dan makanan ringan yang sehat, seperti cemilan berserat, di kamar hotel. Hal tersebut dapat menahan godaan untuk e mini bar hotel dan membantu saat kelaparan menyerang di tengah kegiatan bisnis atau saat berwisata.

Langkah 4
Hindari gerai makanan cepat saji. Meskipun makan di gerai makanan cepat saji merupakan pilihan paling nyaman saat berada di kota baru, namun perlu diingat bahwa makanan cepat saji tinggi lemak dan kalori. Selain itu, makan di gerai makanan cepat saji membuat anda tidak bisa mengeksplorasi makanan yang menjadi kebudayaan lokal masyarakat setempat.

Langkah 5
Jangan lupa sarapan pagi. Kalimat ini biasanya lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan. Namun, sarapan dapat membantu anda menjalankan satu hari penuh kegiatan atau pertemuan bisnis. Jika hotel menawarkan sarapan gratis, pilihlah sarapan yang berserat tinggi dan kaya protein, seperti roti gandum dengan selai kacang. Makan ini dapat memberikan energi instan dan menjaga rasa kenyang hingga saatnya makan siang. Sarapan juga mengurangi godaan untuk ngemil untuk beberapa jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar